Sentra Kerajinan Gerabah dan Celengan Hewan


Desa rendeng Kecamatan Malo yang berada di tepi bengawan solo dengan jarak kurang lebih 25 Km dari Ibukota Kabupaten Bojonegoro kearah barat, merupakan sentra industri gerabah dengan sumber bahan baku dari tanah liat dan produk utama berupa celengan (tempat menabung uang) dengan bentuk meniru bentuk binatang seperti macan, sapi, bebek dan bentuk lainnya yang unik dan spesifik. Jumlah produksi celengan tiap bulan rata-rata sekitar 25.000 buah dengan prospek pasar lokal Bojonegoro dan luar Kabupaten Bojonegoro. Prospek pengembangan diarahkan pada pengembangan diversivikasi dan kualitas produk yang memiliki daya saing tinggi di pasar global, upaya pengembangan ini dilakukan melalui pengembangan tehnologi skala madya.
Kecamatan Malo tidak hanya terkenal dengan celengan hewannya, tetapi juga kerajinan patung sapi dan hewan lainnya dengan bahan baku dari hasil hutan (kayu jati). Kerajinan ini merupakan kerajinan yang memiliki keunikan dan spesifik, karena kerajinan ini diolah melalui tangan-tangan terampil yang penuh dengan kesabaran dan ketekunan. Prospek pasar produk telah menjangkau kota-kota di Propinsi Jawa Timur dan propinsi lainnya serta ke luar negeri sebagai bahan souvenir. Pengembangan usaha kerajinan aptung sapi dan hewan lainnya direkomendasikan pada penyediaan bahan dasar kayu jati dan bahan dasar sumber daya alam lainnya.
Sentra industri kerajinan patung sapi terdapat di desa Banaran Kecamatan Malo dan sekitarnya (bagian utara Kabupaten Bojonegoro yang jaraknya kurang lebih 25 Km dari Ibu kota Kabupaten Bojonegoro.

Untuk Menuju Objek Wisata ini dapat melalui beberapa jalur, antara lain:
– Dari Jalur Surabaya/ Bojonegoro Kota menggunakan Kendaraan Umum/ Pribadi menuju jalur/ arah Cepu/ Ngawi berhenti di Kecamatan Kalitidu.
– Dari Jalur Cepu/ Ngawi menggunakan Kendaraan Umum/ Pribadi menuju Jalur Surabaya/ Bojonegoro Kota, berhenti di Kecamatan Kalitidu.

Beberapa Hasil Celengan Hewan
Pos ini dipublikasikan di Produk Unggulan, Wisata Buatan Manusia. Tandai permalink.