Sentra Kerajinan Bubut Kayu

Kerajinan bubut kayu telah lama ditekuni oleh masyarakat desa Batokan Kecamatan Kasiman yang letaknya pada ujung barat Kabupaten Bojonegoro dan berbatasan dengan Kota Cepu Kabupaten Blora Jawa Tengah. Kerajinan ini lebih banyak memanfaatkan limbah gergaji kayu jati yang diperoleh dari IPKJKPH Cepu Jawa tengah.
Produksi berupa barang-barang souvenir, ornamen dan aksesoris penghias rumah serta keperluan rumah tangga lainnya. Produk yang dihasilkan antara lain jam dinding, miniature mobil, sepeda, smotor, delman, becak, guci, asbak, kap lampu, petromak, dan lain-lain. Pengembangan untuk memperkaya perkembangan usaha direkomendasikan pada aspek pemasaran dan pengembangan tehnologi madya untuk proses produksi. Prospek pemasarannya telah menjangkau berbagai kota di luar Kabupaten Bojonegoro dan telah merambah ke pasar luar negeri (export).

Pusat kerajinan ini terdapat di Desa Batokan Kecamatan Kasiman 45 km arah barat Kota Bojonegoro.

Untuk Menuju Objek Wisata ini dapat melalui beberapa jalur, antara lain:
– Dari Jalur Surabaya/ Bojonegoro Kota menggunakan Kendaraan Umum/ Pribadi menuju jalur/ arah Cepu/ Ngawi berhenti di Kecamatan Kalitidu.
– Dari Jalur Cepu/ Ngawi menggunakan Kendaraan Umum/ Pribadi menuju Jalur Surabaya/ Bojonegoro Kota, berhenti di Kecamatan Kalitidu.


Hasil Kerajinan Bubut Kayu
Pos ini dipublikasikan di Produk Unggulan, Wisata Buatan Manusia. Tandai permalink.