Petilasan Angling Dharmo

Angling darma merupakan keturunan ketujuh dari Arjuna, seorang tokoh utama dalam kisah Mahabharata. Hal ini dapat dimaklumi karena menurut tradisi Jawa, kisah Mahabharata dianggap benar-benar terjadi di Pulau Jawa.
Petilasan ini mulai dipugar tahun 2010, dimana di petilasan ini terdapat tumpukkan batu bata di bawah pakon watu. Jenis tanahnya seperti bekas pemukiman. Menurut masyarakat setempat, tempat ini merupakan gapuro (pintu gerbang). Di lokasi ini terdapat tanah embat yang selalu basah. Konon tempat tersebut adalah kolam pemandian tempat Setyowati bertemu dengan Prabu Angling Darma yang menjelma menjadi burung Mliwis Putih. Ke arah timur dari pakon watu terdapat dataran yang agak tinggi, yang di percaya dulu merupakan pendopo perumahan yang menghadap kea rah utara.
Wisata petilasan Angling Darma terdapat di Desa Wotan Ngare Kecamatan Kalitidu. Sekitar 21 km arah barat kota Bojonegoro.
Untuk Menuju Objek Wisata ini dapat melalui beberapa jalur, antara lain:
– Dari Jalur Surabaya/ Bojonegoro Kota menggunakan Kendaraan Umum/ Pribadi menuju jalur/ arah Cepu/ Ngawi berhenti di Kecamatan Kalitidu.
– Dari Jalur Cepu/ Ngawi menggunakan Kendaraan Umum/ Pribadi menuju Jalur Surabaya/ Bojonegoro Kota, berhenti di Kecamatan Kalitidu.

Lokasi Petilasan Angling Dharmo
Pos ini dipublikasikan di Wisata Budaya. Tandai permalink.